• Yudi Arimba Wani posted an update 6 months, 2 weeks ago

    Kuliah Manajemen Penyelenggaraan Makanan 2 (FSM 2) sebelum UTS, Forecasting, alhamdulillah telah selesai. Meskipun agak terlambat menuliskan summary-nya.

    Forecasting, yaitu perkiraan makanan yang akan diproduksi dalam satu kurun waktu tertentu, merupakan hal fital dalam manajemen penyelnaggaraan makanan. Hal ini akan berkaitan langsung dengan bagian pembelian dan produksi makanan. berrdasar hasil forecasting, bagian pembelian dapat menyiapkan bahan-bahan makanan yang dibutuhkan dalam produksi. Ketidakakuratan forecast akan memengaruhi jumlah produksi, over production atau under production, yang kedua hal tersebut akan memengaruhi juga pelayanan pada konsumen. Selain itu, forecasting juga berkaitan dengan manajemen finansial, jadwal prooduksi tenaga pengolah makanan dan penggunaan pealatan.

    Teknik forecasting dibedakan secara kkualitatif dan kuantitatif. Secara kuantitatif, forecast dilakukan dengan menggunakan data historis, seperti data penjualan menu . Teknik forecast secara kuantitatif, pada materi kuliah ini mempelajari naive method, moving average, dan exponential smoothing. Sementara forecast secara kualitatif digunakan ketika data-data historis tidak tersedia. Metode kualitatif yang dipelajari meliputi customer survey, executive opinions, salesforce opinions, dan metode delphi.